Hindari 4 Sikap Ini Jika Anda Ingin Sukses

Oleh : Bibit Sudarsono, 11 November 2015 - 13:30 WIB

Kesuksesan ang direncanakan dan dicita-citakan sangat bergantung pada bagaimana sikap seseorang dalam menghadapi sebuah peluang. Banyak hal yang justru sering tidak disadari bisa menjadi penghalang sukses seseorang.

Para psikolog handal mengatakan, jika Anda mengubah sedikit sikap tersebut, Anda dapat menjadikannya kepribadian yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga mampu mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat untuk mencapai kesuksesan.

Demi menghindarinya, berikut empat sikap yang dapat menghancurkan peluang sukses Anda seperti dilansir dari laman Business Insider:

1. Arogansi

Sikap yang satu ini membuat Anda selalu ingin kelihatan tahu segalanya. Karena itu, tak akan ada satu orangpun yang menawarkan bantuan pada Anda.

Persoalannya, Anda tak akan bisa sukses tanpa mendapatkan bantuan dari orang lain. Di tempat kerja, orang yang jujur pada dirinya sendiri cenderung lebih mudah sukses dibandingkan rekan lain yang arogan.

2. Tak mau beradaptasi

Orang sukses selalu mampu beradaptasi dengan cepat. Mereka selalu penasaran menantang dirinya sendiri dan selalu mencari kebenaran sendiri.

Kemampuan beradaptasi sangat penting bagi seorang pimpinan atau pegawai khususnya dalam mempelajari berbagai hal baru. Jika Anda tak mengubah cara berpikir dalam jangka waktu terlalu lama, maka akan banyak masalah yang menghadang.

3. Sering menyalahkan orang lain

Bertanggungjawab atas tindakannya selalu menjadi karakter orang-orang sukses. Sementara orang yang tidak sukses adalah mereka yang selalu gemar mencari pembenaran bagi diri sendiri dan menyalahkan orang lain.

Menurut psikoterapis Amy Morin, orang yang kuat adalah mereka yang berani mengakui kesalahan dan berani mengatasi tantangan berikutnya.

4. Perfeksionis

Perfeksionisme seringkali diterjemahkan sebagai rasa takut yang berlebihan terhadap kegagalan. Menjadi perfeksionis seringkali menggiring Anda pada kesulitan mengambil keputusan dan tindakan tertentu.

Dengan kata lain, perfeksionis seringkali dihantui kesalahan dari masa lalu dan butuh waktu cukup lama untuk mampu mengatasi tantangan berikutnya.

Nah, adakah 4 sikap di atas yang masih dominan di kehidupan anda sehari-hari? Yuk berkaca diri dan memperbaikinya selangkah demi selangkah. Belajar dan bergaul dengan banyak orang akan mendewasakan, dan membuat kita terlatih untuk memiliki sifat-sifat dan sikap kebanyakan orang-orang sukses.

Modalnya hanya soal kemauan dan tekad yang keras untuk memperbaiki diri setiap saat, terbuka menerima nasihat, dan berani menghadapi segala tantangan. Yuk!

 

Sumber: Ahmadi Amrun (kampungwirausaha.com)

 


Baca Juga :