14 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

14 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Oleh : Fuad Nur Hasan, 22 January 2016 - 10:35 WIB

Jika anda sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil ? anda sudah datang pada halaman yang tepat! karena sebelumnya saya sudah menulis beberapa artikel tentang usaha modal kecil! cocok untuk para mahasiswa, pelajar dan juga ibu rumah tangga.

Dari sekian artikel yang sudah saya buat ada beberapa atau pun sebagian usaha yang saya pikir, tidak semua orang bisa lakukan, dan alasannya pun cukup sederhana, yaitu tidak sesuai dengan passion/minat anda! menjalani sebuah usaha, yang sesuai dengan minat kita, cenderung akan bisa bertahan cukup lama! ada banyak faktor yang mendukung hal tersebut salah, satunya adalah anda tidak cepat bosan, anda mau belajar lebih dalam lagi tentang industri tersebut, dan yang ketiga adalah anda akan menjadi mastah pada usaha anda!
 
Ketika seseorang mau mau belajar terus menerus tanpa henti! percaya atau tidak! orang tersebut akan menjadi spesialis dalam bidangnya! para bule menyebutnya dengan sebutan, you know your 5hit! ketika kita menjalani sebuah bisnis dan kita tahu daleman bisnis tersebut! pastinya hal itu akan menjadi nilai tambah di mata pelanggan kita! sebagai contoh anda seorang ibu rumah tangga atau mahasiswa/i yang mempunyai minat pada kuliner, hingga akhirnya anda memilih usaha makanan! dan ketika seorang pelanggan anda bertanya mulai dari A sampai Z pasti anda tahu tentang apa yang anda jual! dan hal itu akan membuat pelanggan anda terkesan, entah itu anda tahu sejarahnya, menjelaskan bagaimana prosesnya, modifikasi, aspek kesehatan dan lain sebagainya! dan hal itu pasti akan membuat pelanggan anda terkesan.
 
Berbeda dengan seorang pebisnis yang melakukan usaha karena sedang trend saja, ketika pelaku bisnis tersebut di tanya A dan Z, pasti dia tidak tahu banyak dan cenderung untuk menghindar, memang seperti saya tulis sebelumnya bahwa menjalani bisnis yang kita sukai, tidak ada jaminan pasti sukses! tapi minimal kita tahu banyak tentang bisnis tersebut! karena pada kenyataan nya adalah 80% lebih faktor bisnis sukses adalah Marketing atau penjualan! singkatnya semakin banyak menjual maka semakin untung bisnis yang kita jalani, semakin banyak promosi/jangkauan luas, maka semakin banyak penjualan yang kita dapatkan! dengan kata lain, Bisnis sukses=penjualaan=promosi , maka  promosi/marketing=sukses.
 
Saya asumsikan bahwa saat ini anda sudah tahu bagaimana agar bisnis/usaha anda sukses! yaitu dengan melakukan promosi dan pemasaran yang seluas luasnya! akan tetapi perlu di ingat, jangan berlebihan! karena hal tersebut bisa memperburuk citra usaha anda! sebagai contoh mengirim SMS(sampah), mengirim lewat email(sampah) promosi membabi buta di facebook dengan tagging,(sampah)! sebagai pebisnis yang cerdas, anda harus tahu mana promosi yang wajar dan yang tidak wajar! promosi yang tidak wajar terkadang bisa membuat anda gulung tikar! karena sentimen negatif! hal ini penting anda ketahui, karena saya lihat lebih dari 80% pebisnis Indonesia selalu mengatakan SALAM SUPER,! LUAR BIASA! dan sebagainya.
 
Kalau boleh jujur setiap kali saya melihat orang berkata "salam super" tahu tidak apa yang saya pikirkan tentang orang tersebut ? yep! orang orang MLM ! (no offense) kalau ente orang MLM jangan marah dulu gan :D soalnya ane juga ada teman banyak orang MLM! dan kalau berbicara bisnis dengan orang MLM ane demen banget! soalnya mereka jaringannya sangat kuat dan solid :D, jadi kalo ane jualan partai besar tentang periklanan Adwords pasti orang orang MLM no.1 :D hehehe ok back to laptop!
 
waduh... ane jadi lupa nih gara gara salam super! ruarrr biasa :D jiakakka!  kesimpulan nya sih gini aja gan, boleh promosi tapi jangan nyampah! karena kalau nyampah dengan mengirim sms, atau email tanpa Izin yang ada justru sentimen negatif! promosi yang bagus dan wajar adalah sesuai pada tempatnya! sebagai contoh anda menjual makanan, cari situs yang terkenal dengan tema makanan dan sudah mendapatkan ribuan pengunjung, buat baner atau brand anda, dan pasang iklan di situs tersebut! 90% bisnis anda akan kebanjiran order ;) trust me! it works! lagian kalau pun bayar, biasanya situs tersebut tidak akan mengenakan biaya puluhan juta, kli 1 juta atau 500 ribu per bulannya!  jika anda tidak mempunyai situs tidak masalah, di banner anda tinggal cantumkan no tlp usaha anda! dan masalah terpecahkan :D yang penting kan order bukan situs anda kebanjiran pengunjung kan!  dan ada kalanya, jika calon pelanggan anda menelpon justru hal tersebut akan lebih baik, setidaknya orang tersebut tertarik dan serius ingin membeli produk anda!

Baca Juga :