17 Teknik Closing

17 Teknik Closing

Oleh : Fitra Septia Nugraha, 9 January 2017 - 15:30 WIB

Kembali lagi dengan artikel 17 Teknik closing, udah lama mimin gak update-update artikelnya maklum baru move on liburan hehe..

Biar gak menunggu lama lagi kali ini mimin mau kasih 2 teknik closing terlebih dahulu biar gak pusing ya. Pasti para pembaca setia udah gak sabarkan ingin tahu bagaimana sih 17 Teknik closing itu sendiri.

Inilah 17 Teknik Closing yang harus anda ketahui :

  1. Teknik pertama yaitu Ya.. Ya.. Ya..

          Buat calon Customer berkata "Ya" sebanyak-banyaknya.

          contohnya :

          "Bu, sebelumnya ibu memang sering kesini ya?" | "Iya.."

          "Mudahkan bu menemukan alamat kami ?"|" "Iya.."

          "Produk ini cantik sekali bu ya?"|"Iya.."

Kuncinya :

  • jangan biarkan calon Customer berkata :"NGGAK!","TIDAK!", dan hal-hal serupa. Contoh pertanyaan salah :"Ibu beli apa nggak? | "NGGAK!!!" Pertanyaan tersebut secara tidak langsung mengarahkan pikiran si ibu untuk berkata : "NGGAK!
  • Arahkan pikiran mereka untuk menyetujui pertanyaan Anda. Gunakan pertanyaan terbuka. Contohnya :"Ibu pilih yang ini atau yang ini?, "Suka yang ini atau yang ini?",dll
  • Atau gunakan pertanyaan yang jawabannya "Ya.. ya.. ya.."(seperti contoh sebelumnya)
  • "Ya" yang terulangkan akan membentuk sebuah pola. sebuah penelitian menunjukan bahwa diperlukan 3-8 jawaban "Ya" agar pola ini benar-benar terbentuk. Yang harus Anda ingat, jangan terlalu banyak juga. Kenapa? Orang jadi BT!
  • Nah, jika sekiranya Anda sudah tahu kapan harus benar-benar Closing, pada akhir pertanyaan, arahkan pikiran calon Customer untuk berkata "Ya, Saya mau beli.."
  1. Teknik yang kedua adalah "Yang Nanya Yang Menang"

          Jangan menghentikan percakapan berakhir di Anda. Tanya Balik...

          Contohnya :

  • "Wah harganya MAHAL!"| "Iya bu, dari sananya emang mahal"(Gagal closing)
  • "Wah harganya MAHAL"

          Responnya begini..

          "Oh iya bu memang mahal.. Tapi sebelumnya mohon maaf, Ibu membandingkannya dengan apa ya?"

          "Memang mahal bu.. tapi sebentar, bukankah ibu menginginkan produk yang sangat berkualitas?"

          "Oh gitu ... Menurut Ibu nih, berapa harga yang pantas untuk produk ini?"

  • Saya Nggak Butuh"|" Oh gitu. Yaudah deh pak .."(Gagal closing!), Pasrah ...
  • Saya Nggak Butuh!"

          Responnya begini...

         "Oh begitu ... sekarang mungkin bapak tidak butuh. Tapi apakah nanti tidak membutuhkannya?"

         "Sebentar pak. apakah bapak sudah tahu khasiat dari produk ini?"

         "Oh gitu ... kira-kira nih menurut bapak. Siapa teman/saudara bapak yang membutuhkan produk?"

Kuncinya :

  • Coba Anda perhatikan contoh tadi, setiap kali calon Customer mengungkapkan keberatannya, ketika anda jawab, selalu Anda jawab, selalu Anda akhiri dengan pertanyaan. Disinilah maksudnya..
  • Jangan pernah menghentikan percakapan berakhir di Anda.Langsung tanya balik..

          Contoh percakapan yang berakhir di Anda:

          P :"Wah Harganya MAHAL!"

          A :"Iya bu, dari sananya emang mahal" (Pasrah... Selesai... Nggak Closing... harusnya TANYA BALIK!

  • Penjual yang hebat itu bukan yang banyak nyerocos, tapi yang banyak nanya. Tapi ... Nanyanya dengan cara yang elegan. Jangan ngawur!
  • Setiap kali calon Customer Anda Mengungkapkan  keberatannya, apapun itu, Anda siapkan Sales Script berupa pertanyaan untuk ditanyakan balik menggunakan teknik "Yang Nanya Yang Menang" ini...
  • Pokoknya, yang pling banyak nanya dengan pertanyaan-pertanyaan berkualitas, dialah yang akan memenangkan percakapan. CLOSING...

Mungkin itu 2 Teknik Closing yang bisa mimin jelaskan untuk 15 teknik lainnya tunggu di next artikel jadi pantengin terus kelanjutan artikelnya. Sampai jumpa di next artikel.

sumber : e-book @DewaEkaPrayoga


Baca Juga :