Tak Cukup Satu, Arif Cahyono Jalankan Beberapa Usaha dan Bekerja

Tak Cukup Satu, Arif Cahyono Jalankan Beberapa Usaha dan Bekerja

Oleh : Nurlaelatul Maulidah, 10 January 2022 - 13:58 WIB

Surakarta - Sebuah usaha memang tidak mudah dijalankan, perlu kesabaran, ilmu pengetahuan yang banyak, dan relasi untuk memperluas pasaran. Sebagai seorang wirausaha sekaligus mahasiswa, Arif Cahyono bertekad memperjuangkan masa depan. Ia sudah memulai membuka usaha semenjak lulus dari bangku SMA dan ketika kuliah di Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI Surakarta Arif mendapat Matakuliah Entreprenuer menambah kepercayaan diri dan semakin semangat menjalankan usahanya. Ia membangun usaha fotografi dan videografi karena minat dan hobinya dibidang tersebut. Selain itu, Arif juga membuka usaha dibidang kuliner namun tak berjalan mulus.

Pada masa Pandemi Covid-19 usaha fotografi dan kuliner tidak jalan, akhirnya Arif mencoba memulai usaha baru yaitu Peternakan Ayam. Usaha tersebut dimulai Arif pada awal Pandemi yaitu 2020. "Sebenarnya bingung juga karena tidak tau harus mencari lahan dimana dan kandang juga tidak punya sama sekali, dengan sharing kesana sini akhirnya menemukan seseorang yang mau menyewakan kandangnya. Alhamdulillah, dengan umur 35 – 40 hari ayam sudah bisa dipanen, sekali panen hasilnya berkisar sekitar 15 - 20 juta," terang Arif.

Saat ini Arif mempunyai seorang karyawan yang mengurusi usaha ternaknya. Selain itu ia juga tetap menjalankan usaha fotografinya, mengingat bahwa itu adalah hobi baginya. "Kalau usaha foto dan video ini memang masih mengandalkan relasi, siapa yang sudah kenal dengan saya dan tau hasil saya pasti akan mencari saya," ujar Arif.

Selain itu, dirinya juga seorang karyawan disebuah Stasiun Televisi Swasta di Solo. Sehingga dengan banyaknya orang baru yang selalu ia temui, bisa menjadi wadah promosi bagi usaha yang ia jalankan.

BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI kampus Surakarta, Noor Hasan, M. Kom  merasa bangga dengan keberhasilan Arif. “Saya turut bangga atas apa yang dicapai oleh mahasiswa Universitas BSI kampus Surakarta. Saya berharap kedepannya Arif lebih sukses lagi dan usahanya mampu berkembang pesat” tandasnya.


Baca Juga :